Excellent Boarding School

TAHUN BARU BERBENAH UNTUK SEMESTA

Momen Saat Menyebrang Sungai Serayu

BANJARNEGARA. Momentum 1 Muharram menjadi pelecut semangat berbenah bagi siswa-siswa SMP IT Permata Hati Banjarnegara sebagai kaum muda Banjarnegara. Sejumlah 240 siswa ikut dalam kegiatan _Serayu River Tracking_ kali ini, Kamis (21/9).
Menyusuri sungai serayu sebagai bagian dari warisan alam Banjarnegara, para siswa diajak bertafakur dan mengambil pelajaran langsung dari alam. "Kegiatan ini menjadi bentuk pembelajaran langsung untuk Ananda dalam baik dalam bentuk kognitif maupun afektif", tutur Lili Suryani sebagai waka Kurikulum SMP IT Permata Hati Banjarnegara.
Sepanjang perjalanan menuju sungai, siswa diminta menggolongkan tumbuhan sebagai aplikasi pelajaran IPA sambil mentadaburi setiap kejadian alam ke dalam sebuah narasi berbahasa.
Dari pelajaran IPS, siswa mendapat tugas mengenal secara langsung dengan bertanya pada penduduk sekitar dalam Bahasa Jawa maupun Bahasa Indonesia, berbagai profesi yang ditemui sepanjang pemukiman menuju sungai, seperti penambang batu dan pasir, tukang bangunan, pemancing ikan kali, dan petani padi maupun salak sebagai komoditi utama Banjarnegara.
Sedangkan di pelajaran Matematika, siswa diminta menentukan relasi himpunan dari hal yang telah ditemui tadi.
Eka Zahratul, siswa kelas VIII mengaku antara takut dan asyik saat mengikuti kegiatan susur sungai ini. "Awalnya takut kebawa arus, saat menyeberangi sungai, tapi, ternyata enggak, soalnya ada kerjasama di antara teman satu kelompok untuk saling percaya dan saling menyemangati," paparnya sambil tersenyum.
Muhamad Al Akhyar, selaku Kepala Sekolah menegaskan, pihaknya terus berupaya melatih jiwa cinta tanah air dan bekerjasama, di tengah mewujudkan generasi muda yang handal, berwawasan lingkungan dan bekerjasma. "Kita ajak anak muda untuk mengenal lingkungan alam terdekatnya, agar setelahnya, bisa menumbuhkan kepedulian, rasa cinta tanah air serta bekerjasama untuk satu kebaikan bangsa. Selamat Tahun Baru, mari berbenah untuk semesta.", tandasnya.