Excellent Boarding School

Parenting " Pola Asuhku, Masa Depanku"

Berawal dari kepentingan anak didik dan ingin mewujudkan kerjasama yang baik tentang mendidik anak  antara pihak sekolah dan orang tua maka Bapak Kepala Sekolah SMPIT Permata Hati Banjarnegara  yaitu M. AL Akhyar, SE yang lebih akrab dikenal dengan Ustadz Akhyar menyelenggarakan Talk Show Parenting: “Pola Asuhku Masa Depanku” dengan  Pemateri dari Yogyakarta : Hermawan Budi Santoso, S.Psi dan dengan moderator Guru BK SMPIT Permata Hati Banjarnegara: Sanni Sahara, S.Pd yang diselenggarakan di gedung KORPRI Banjarnegara pada tanggal 21 Februari 2015 . Berkat kerja TIM Panitia yang baik acara ini bisa berjalan sukses. Acara ini didukung oleh kepanitiaan yang solid nan kompak yakni TIM Guru SMPIT Permata Hati Banjarnegara. Talk Show dimulai pukul  09.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh para wali  murid SMP IT Permata Hati, komite dan yayasan. Para orang tua antusias mengikuti acara ini. Talk show diselenggarakan  untuk memfasilitasi para orang tua untuk mendiskusikan  mengenai pola asuh dan cara mengenali bahasa anak agar komunikasi bisa berjalan lancar dan efektif.
Gb.1 Bp. Hermawan Budi Santoso, S.Psi Sedang mengisi acara parenting yang di pandu oleh Ibu Sanni Sahara, S.Pd

Acara ini berjalan meriah dan hikmat dengan dibuka oleh tim nasyid putri Binastaf dan nasyid putra Featuring ustadz dan ustadzahnya. Nasyid ini dibawah bimbingan ustad Gelar Sukmawan, S.Pd, ustadz Maman Dwi Wahyu I dan ustadzah Umi Nurul F. Tim putri membawakan 2 lagu yaitu “Mama,Bunda, uM apapun namanya” dan “Number One For Me” Serta tim nasyid putra membawakan lagu “yang terbaik bagimu (Ayah)”.Rasa Haru dan bangga bercampur menjadi satu saat melihat penampilan anak-anak.

Gb. 2. Penampilan Tim Nasyid Putri binastaf Feat Ustadzah Umy

Gb. 3. Penampilan Tim Nasyid Putra diiringi musik Gitar Oleh ustadz anggi, gelar dan indarmawan



Ada 5 bahasa cinta yang perlu dikenali dalam berkomunikasi dengan anak atau pasangan dalam keluarga. Adapun 5 bahasa cinta intu adalah:

11.       Sentuhan Fisik
22.       Kata-Kata yang mendukung
33.       Waktu Bersama
44.       Hadiah (suprise)
55.       Pelayanan/ bantuan

Tiga siklus belajar yakni mengetahui / knowing, mempraktekan /practicing , dan memahami/ understanding. Biasanya orang tua mengajarkan pada anaknya dan anaknya belajar hanya sampai pada tahap ke 2 saja yakni sampai mempraktekan saja. Hal ini berdampak pada kesadaran anak untuk melakukan tindakan yang baik setelah di perintah karena anak tidak sampai pada pemahaman yakni proses mengerti manfaat dan mengapa anak itu perlu melakukan tindakan/ kebiasaan seperti itu.
Dalam acara ini orang tua diajak untuk membayangkan wajah si buah hati dan kegiatan orang tua bersama anaknya, juga cara berkomunikasi serta harapan orang tua kepada anaknya. Setelah itu orang tua diminta untuk merenungkan apa yang sudah dilakukan dengan anaknya. Tema yang menarik ini membuat para orang tua aktif bertanya dan berpendapat tentang materi ini.

Gb. 4 Tanya jawab antara orang tua dengan  pembicara
Kesimpulanya:

1.       Orang tua harus berani jujur dengan anaknya tentang harapan orang tua pada anaknya
2.       Memahami dan bersabar bahwa perubahan butuh proses
3.       Mempraktikan 5 bahasa cinta
4.       Pendampingan orang tua terhadap anak saat menggunakan media informasi dan teknologi
5.       Jika anak terlihat adanya perubahan kea rah yang kurang baik silakan bertanya dan tawarkan bantuan ke pada si anak “ apakah ada yang bisa bapak/ibu bantu agar kamu lebih baik?”…biasakan untuk bicara
6.       Mengajarkan anak sampai pada tahap ke 3 dalam siklus belajar anak yakni understanding/memahami

Semoga dengan suksesnya acara ini juga menjadi majlis ilmu yang penuh barokah untuk mengingatkan dan belajar tentang mengasuh dan berkomunikasi dengan anak. Karena tidak hanya berharap anak kita menjadi anak yang pintar tapi karakter yang baik yang berpengaruh kesuksesan di masa depanya kelak.

Anak merupakan investasi masa depan. Anak adalah amanah dan anugrah yang terindah dari Allah SWT.



Ikuti lewat Email